#

Jelajah

SIMP3AUD

Lingkungan/ Binatang Peliharaan dan Tempat Tinggalnya

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Interaktif

Media Teknologi Interaktif : Film animasi interaktif
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) :

1. Berdoa memulai pelajaran

2. Bernyanyi dengan menyanyikan lagu ''Good morning everybody, how are you?''

3. Menyanyakan kabar anak mengenai kelengkapan temannya (adakah teman yang tidak hadir hari ini?)

4. Guru memperkenalkan tema pembelajaran hari ini yaitu ''Binatang peliharaan dan  Tempat tinggalnya''

5. Guru menanyakan pengetahuan anak mengenai binatang yang ada disekitar rumah secara bergantian

6. Anak menjelaskan makanan dari binatang-binatang yang telat disebutkan

7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini berupa bersama-sama mengenal kehidupan binatang  peliharaan dan kebiasaan makanan

8. Menyepakati aturan bersama dengan anak mengenai peraturan yang akan diterapkan pada kegiatan hari ini

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

1. Mencuci tangan sebelum makan

2. Berdoa sebelum makan

3. Merapikan peralatan makan dan minum

4. Berdoa sesudah makan

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (75 Menit) :

1. Anak mengamati vidio animasi tentang binatang peliharaan dengan berbagai makanannya

Vidio Animasi Binatang Peliharaan  https://youtu.be/Abko61uOCLU?feature=shared 

2. Guru menjelaskan binatang peliharaan dan kebiasaan makanannya

3. Anak membandingkan habitat binatang peliharaan yang hidup di air dan di darat

4. Anak menjelaskan kembali tentang kehidupan binatang dan kebiasaaan makanannya yang sudah dijelaskan

5. Anak diminta untuk membuat gambar binatang peliharaan kesukaannya dan tempat tinggalnya

6. Guru dapat memberikan panduan dan bantuan anak-anak dalam kegiatan hari ini

7. Setelah berhasil dalam menggambar, anak diminta untuk menceritakan isi dari gambar yang telah dibuat

8. Guru dapat mengapresiasi anak dalam menggambar dan bercerita dengan hasil kreativitas anak-anak

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

1. Guru mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk meriview apa yang telat dipelajari di kegiatan hari ini 

- ''Apakah kalian tahu nama-nama binatang yang ada di lingkungan sekitar kita?''

- ''Apa binatang yang paling kalian sukai?''

- ''Mengapa kita harus merawat dan menyanyangi binatang?''

2. Secara bergiliran anak dapat menyampaikan pengelaman belajar tentang hari ini (Refleksi)

3. Secara bergiliran anak dapat menjelaskan kembali materi yang telah didapat pada hari ini

4. Guru memberikan pesan moral kegiatan yang telah dilakukan untuk diperbaiki anak-anak dalam meningkatkan segala hal kegiatan, berikutnya guru menyampaikan pesan moral untuk menyanyangi binatang sebagai salah satu ciptaan tuhan

5. Guru memberikan saran kepada anak untuk selalu memperlakukan habitat binatang dengan baik

6. Guru mengajak anak berdoa pulang dengan dipimpin salah satu anak secara bergantian

7. Anak berkemas dan siap untuk pulang

8. Guru menutup pembelajaran dengan memberi salam

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak terbiasa memelihara hewan peliharannya dengan baik
2 : anak menunjukkan suaranya melalui kegiatan mengamati vidio animasi
3 : anak menyebutkan binatang peliharaan yang ada di lingkungan sekitar
4 : anak dapat terampil dan kreativitas dalam menggambar sebuah binatang peliharaan dan tempat tinggalnya
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto