#

Jelajah

SIMP3AUD

Alat Komunikasi Modern/ Handphone

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Telepon Genggam
Tujuan Pembelajaran :
  1. Pengenalan perangkat keras telepon genggam (baterai, charger (penambah daya), handsfree (perangkat berupa headset dan microphone untuk membantu menerima telepon tanpa memgang telepon genggam), power button (tombol untuk menyalakan telepon genggam), screen (layar), screen guard (pelindung layar), SIM card (kartu SIM/kartu dengan chip kecil untuk menyimpan data serta jaringan agar dapat digunakan untuk berkomunikasi/telpon), speaker (pengeras suara), volume button (tombol untuk mengatur volume), kamera (untuk mengambil gambar dan merekam video)
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) :

1) Anak berbaris sebelum masuk kelas 

2) Anak memasuki kelas satu persatu kemudian duduk ditempat masing-masing

3) Guru mengucapkan salam pembuka

4) Guru melakukan presensi kehadiran

5) Guru dan anak berdoa bersama sebelum kegiatan

6) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) :

1) Toileting

2) Mencuci tangan

3) Berdoa sebelum dan sesudah makan

4) Makan dan minum

5) Bermain bebas

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (50 Menit) :

1) Mengamati : Guru menyediakan beberapa gambar pemantik tentang alat komunikasi modern

>> Apa teman-teman tahu alat apa ini?

2) Anak menyimak dan mengamati video literasi tentang alat komunikasi modern https://youtu.be/Me8-9U9GJuc?si=Q_7pnDays0had0Jh 

3) Menanya: Guru memotivasi anak bertanya kegunaan handphone

4) Mengumpulkan informasi : Diskusi tentang handphone (warna/merk/bentuk/)

5) Mengkomunikasikan:

>> Apa yang membuat handphone bisa menyala?

>> Apabila daya baterai handphone habis, apa yang kalian lakukan?

>> Bagaimana cara menyalakan dan mematikan handphone?

>> Tombol manakah yanng dapat menambah dan mengurangi volume handphone?

>> Sebutkan ciri-ciri handphone kesukaanmu!

6) Menghasilkan : Anak membuat karya seni handphone dari plastisin

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

1) Guru dan anak mengingat kembali konsep pengetahuan yang telah didapat

2) Guru memberikan apresiasi penguatan sikap positif yang telah muncul pada diri anak

3) Memberikan informasi tentang kegiatan esok hari

4) Berdoa bersama sesudah kegiatan

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak mampu menunjukkan sikap percaya diri dan berperilaku baik
2 : anak mampu menyebutkan bagian-bagian handphone
3 : anak mampu menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif
4 : anak mampu membuat karya dan aktivitas snei
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Peristiwa/Perilaku Anak
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto