Alat Komunikasi Modern/ Handphone
| Alat Teknologi | : Telepon Genggam | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) | : | ||||||
|
1) Anak berbaris sebelum masuk kelas 2) Anak memasuki kelas satu persatu kemudian duduk ditempat masing-masing 3) Guru mengucapkan salam pembuka 4) Guru melakukan presensi kehadiran 5) Guru dan anak berdoa bersama sebelum kegiatan 6) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) | : | ||||||
|
1) Toileting 2) Mencuci tangan 3) Berdoa sebelum dan sesudah makan 4) Makan dan minum 5) Bermain bebas |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (50 Menit) | : | ||||||
|
1) Mengamati : Guru menyediakan beberapa gambar pemantik tentang alat komunikasi modern >> Apa teman-teman tahu alat apa ini? 2) Anak menyimak dan mengamati video literasi tentang alat komunikasi modern https://youtu.be/Me8-9U9GJuc?si=Q_7pnDays0had0Jh 3) Menanya: Guru memotivasi anak bertanya kegunaan handphone 4) Mengumpulkan informasi : Diskusi tentang handphone (warna/merk/bentuk/) 5) Mengkomunikasikan: >> Apa yang membuat handphone bisa menyala? >> Apabila daya baterai handphone habis, apa yang kalian lakukan? >> Bagaimana cara menyalakan dan mematikan handphone? >> Tombol manakah yanng dapat menambah dan mengurangi volume handphone? >> Sebutkan ciri-ciri handphone kesukaanmu! 6) Menghasilkan : Anak membuat karya seni handphone dari plastisin |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
1) Guru dan anak mengingat kembali konsep pengetahuan yang telah didapat 2) Guru memberikan apresiasi penguatan sikap positif yang telah muncul pada diri anak 3) Memberikan informasi tentang kegiatan esok hari 4) Berdoa bersama sesudah kegiatan |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak mampu menunjukkan sikap percaya diri dan berperilaku baik | ||||||
| 2 | : anak mampu menyebutkan bagian-bagian handphone | ||||||
| 3 | : anak mampu menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif | ||||||
| 4 | : anak mampu membuat karya dan aktivitas snei | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||