#

Jelajah

SIMP3AUD

KENDARAAN / KENDARAAN DARAT

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Interaktif

Media Teknologi Interaktif : Film animasi interaktif
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan memberikan penamaan pada benda (gambar, tanda, simbol, dan cerita) yang difasilitasi media teknologi.
  2. Anak menunjukkan kemampuan mengelompokkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Warna, Ukuran (panjang pendek/ tebal tipis/ besar kecil), Bentuk, Model, Jumlah, Tekstur dan Sifat benda (tenggelam, terapung, mengambang) yang difasilitasi media teknologi.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :

1. Anak berbaris sebelum masuk kedalam kelas  kemudian menyapa guru

2. Anak duduk di kursi masing-masing kemudian guru melakukan presensi kemudian mengajak anak bernyanyi lagu "Hallo Apa Kabar Teman-Teman" https://youtu.be/ZlSa2NMJ7qs?si=NnZNiIdrBfYeKRfe 

3.Anak mengawali pembelajaran dengan berdoa 

4.Tanya jawab mengenai kendaraan yang digunakan untuk kesekolah.

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

1. Guru mengajak anak untuk menyimpan kembali peralatan belajar 

2. Guru mengajak anak untuk antri mencuci tangan

3. Anak kembali ke kursi masing-masing kemudia mengeluarkan bekal mereka

4. Guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu "lipat tangan dan tutuplah mata"  https://youtu.be/gl3ojgRiIhY?si=O7DfyzOPzgFjFHEI

5. Berdoa 

6. Anak makan dengan tenang 

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :

1. Guru memberikan Film Animasi mengenai  kendaraan https://youtu.be/lv_3hhg_vi0?si=Y1-7eN4h7IiaNTSG

2.Menyebut nama-nama kendaraan yang ada pada video animasi

3.Mewarnai gambar kendaraan yang diberikan oleh guru 

4. mempresentasikan hasil karya masing-masing anak

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

1. Menyanyikan lagu nenek moyangku seorang pelaut

2.Tanya jawab mengenai kegiatan hari ini (menyakan perasaan anak)

3. menginformasikan kegiatan esok hari.

4. Doa pulang.

5.Menyanyikan lagu sayonara 

5. berbaris dan juga salam kepada guru sebelum keluar kelas


Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak mampu mengidentifikasi dan mengenal berbagai jenis kendaraan darat, seperti mobil, sepeda, truk, bus, dan lainnya.
2 : anak mampu menyebutkan dan mengidentifikasi bagian-bagian dasar dari kendaraan darat, seperti roda, kaca, pintu, dan lampu.
3 : anak memahami konsep dasar keselamatan berkendara, seperti pentingnya menggunakan sabuk pengaman, berhenti di lampu merah, dan menyeberang jalan dengan aman.
4 : mendorong kolaborasi dan komunikasi antar anak-anak melalui aktivitas kelompok atau bermain bersama kendaraan mainan.
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Menceritakan Mengenai kendaraan yang anak gunakan untuk ke Sekolah.
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto