KENDARAAN / KENDARAAN DARAT
| Media Teknologi Interaktif | : Film animasi interaktif | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak berbaris sebelum masuk kedalam kelas kemudian menyapa guru 2. Anak duduk di kursi masing-masing kemudian guru melakukan presensi kemudian mengajak anak bernyanyi lagu "Hallo Apa Kabar Teman-Teman" https://youtu.be/ZlSa2NMJ7qs?si=NnZNiIdrBfYeKRfe 3.Anak mengawali pembelajaran dengan berdoa 4.Tanya jawab mengenai kendaraan yang digunakan untuk kesekolah. |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) | : | ||||||
|
1. Guru mengajak anak untuk menyimpan kembali peralatan belajar 2. Guru mengajak anak untuk antri mencuci tangan 3. Anak kembali ke kursi masing-masing kemudia mengeluarkan bekal mereka 4. Guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu "lipat tangan dan tutuplah mata" https://youtu.be/gl3ojgRiIhY?si=O7DfyzOPzgFjFHEI 5. Berdoa 6. Anak makan dengan tenang |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) | : | ||||||
|
1. Guru memberikan Film Animasi mengenai kendaraan . https://youtu.be/lv_3hhg_vi0?si=Y1-7eN4h7IiaNTSG 2.Menyebut nama-nama kendaraan yang ada pada video animasi 3.Mewarnai gambar kendaraan yang diberikan oleh guru 4. mempresentasikan hasil karya masing-masing anak |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
1. Menyanyikan lagu nenek moyangku seorang pelaut 2.Tanya jawab mengenai kegiatan hari ini (menyakan perasaan anak) 3. menginformasikan kegiatan esok hari. 4. Doa pulang. 5.Menyanyikan lagu sayonara 5. berbaris dan juga salam kepada guru sebelum keluar kelas |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak mampu mengidentifikasi dan mengenal berbagai jenis kendaraan darat, seperti mobil, sepeda, truk, bus, dan lainnya. | ||||||
| 2 | : anak mampu menyebutkan dan mengidentifikasi bagian-bagian dasar dari kendaraan darat, seperti roda, kaca, pintu, dan lampu. | ||||||
| 3 | : anak memahami konsep dasar keselamatan berkendara, seperti pentingnya menggunakan sabuk pengaman, berhenti di lampu merah, dan menyeberang jalan dengan aman. | ||||||
| 4 | : mendorong kolaborasi dan komunikasi antar anak-anak melalui aktivitas kelompok atau bermain bersama kendaraan mainan. | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||