Alam Semesta/Indahnya Pelangi
| Alat Teknologi | : Komputer | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak-anak berbaris sebelum
masuk kelas dengan bernyanyi lagu anak yang berjudul “Kereta Api” dengan 2 anak
membentuk tangannya menjadi terowongan. 2. Sesampainya di kelas, anak
duduk melingkar sembari mengecek teman-temannya dibantu oleh guru. 3. Anak berdoa sebelum
pembelajaran dimulai, lalu mendoakan temannya jika ada yang tidak masuk
dikarenakan sedang sakit. 4. Guru melakukan presensi
dengan menyanyikan lagu “Aku Punya Dua Mata” 5. Guru menyampaikan tema dan
sub tema hari ini
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) | : | ||||||
|
1. Mencuci tangan sebelum makan 2. Berdo’a sebelum makan 3. Merapikan peralatan makan dan minum 4. Berdo’a sesudah makan |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak mengamati gambar pelangi 2. Anak melihat
tayangan video
melalui laptop mengenai cara membuat karya dengan botol bekas https://www.youtube.com/watch?v=Oms8uMNN4jg&pp=ygUOcHJvc2VzIHBlbGFuZ2k%3D 3. Pertanyaan pemantik:
4. Anak
menyebutkan nama
alat dan bahan yang telah disiapkan di kelas 5. Anak menggambar pelangi di laptop 6. Anak dapat meminta bantuan jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas 8. Anak mengumpulkan karyanya di depan 9. Anak menjelaskan karya yang
telah dibuat ke depan
dengan bergiliran 10. Guru memberikan apresiasi
dukungan kepada anak dengan mengajak teman sekelasnya bertepuk tangan secara
bersama-sama. 11. Guru menguatkan hasil karya
dan ide anak dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab kepada
orang tua/pengasuh anak.
|
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak menyampaikan perasaan mereka saat berdiskusi dan bermain bersama temannya hari ini 2. Anak juga secara bergiliran menceritakan pengalaman belajarnya hari ini 3. Guru menyampaikan materi
untuk besok kepada anak-anak 4. Anak berdoa selesai
pembelajaran secara bersama-sama 5. Anak berkemas dan bersiap
untuk pulang lalu berbaris dan menyanyikan lagu “Sayonara” sambil melambaikan
tangan kepada teman-temannya dan berpamitan kepada guru.
|
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak menyebutkan nama tuhan sesuai agamanya secara sederhana | ||||||
| 2 | : anak dapat menyebutkan manfaat dari pelangi | ||||||
| 3 | : anak dapat menggunakan permainan interaktif dengan baik | ||||||
| 4 | : anak membuat karya seni sesuai kreativitasnya | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||