#

Jelajah

SIMP3AUD

Alam Semesta/Indahnya Pelangi

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Komputer
Tujuan Pembelajaran :
  1. Praktik penggunaan program melatih logika (alat gambar/tulis pada komputer, kamera pada komputer) untuk berkomunikasi, mengeluarkan ide dan mengkomunikaskannya.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) :

1.     Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas dengan bernyanyi lagu anak yang berjudul “Kereta Api” dengan 2 anak membentuk tangannya menjadi terowongan.

2.     Sesampainya di kelas, anak duduk melingkar sembari mengecek teman-temannya dibantu oleh guru.

3.     Anak berdoa sebelum pembelajaran dimulai, lalu mendoakan temannya jika ada yang tidak masuk dikarenakan sedang sakit.

4.     Guru melakukan presensi dengan menyanyikan lagu “Aku Punya Dua Mata”

5.     Guru menyampaikan tema dan sub tema hari ini

6.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

1. Mencuci tangan sebelum makan

2. Berdo’a sebelum makan

3. Merapikan peralatan makan dan minum

4. Berdo’a sesudah makan 

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (30 Menit) :

1.  Anak mengamati gambar pelangi

2.     Anak melihat tayangan video melalui laptop mengenai cara membuat karya dengan botol bekas

      https://www.youtube.com/watch?v=Oms8uMNN4jg&pp=ygUOcHJvc2VzIHBlbGFuZ2k%3D                         

3.     Pertanyaan pemantik:

  • Siapa yang menciptakan pelangi ?
  • Dimana kita melihat pelangi ?
  • Kapan adanya pelangi?
  • Bagaimana terjadinya pelangi?
  • Apa saja warna pelangi ?

4.     Anak menyebutkan nama alat dan bahan yang telah disiapkan di kelas

5.     Anak menggambar pelangi di laptop

6.      Anak dapat meminta bantuan jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas

8.     Anak mengumpulkan karyanya di depan

9.     Anak menjelaskan karya yang telah dibuat ke depan dengan bergiliran

10.  Guru memberikan apresiasi dukungan kepada anak dengan mengajak teman sekelasnya bertepuk tangan secara bersama-sama.

11.  Guru menguatkan hasil karya dan ide anak dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab kepada orang tua/pengasuh anak.

 

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

1.     Anak menyampaikan perasaan mereka saat berdiskusi dan bermain bersama temannya hari ini

2.     Anak juga secara bergiliran menceritakan pengalaman belajarnya hari ini

3.     Guru menyampaikan materi untuk besok kepada anak-anak

4.     Anak berdoa selesai pembelajaran secara bersama-sama

5.     Anak berkemas dan bersiap untuk pulang lalu berbaris dan menyanyikan lagu “Sayonara” sambil melambaikan tangan kepada teman-temannya dan berpamitan kepada guru.

 

 

 

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak menyebutkan nama tuhan sesuai agamanya secara sederhana
2 : anak dapat menyebutkan manfaat dari pelangi
3 : anak dapat menggunakan permainan interaktif dengan baik
4 : anak membuat karya seni sesuai kreativitasnya
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Nama anak yang dicatat perkembangannya, Kegiatan main atau pengalaman belajar yang diikuti anak dan Perilaku, termasuk ucapan yang di sampaikan anak selama berkegiatan.
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto