Lingkungan/Alam/Gunung Merapi
| Alat Teknologi | : Komputer | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (20 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak berbaris dengan rapi di depan kelas. 2. Anak berdoa sebelum memulai pembelajaran. 3. Anak melakukan presensi dengan bernyanyi. 4. Guru menanyakan kepada anak mengenai mengenai pembahasan gunung meletus di sekitar anak (Apersepsi), “siapakah yang pernah melihat gunung meletus?” 5. Anak mendengarkan penjelasan guru terkait tujuan kegiatan hari ini 6. Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini. |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) | : | ||||||
|
1. Berbaris mencuci tangan. 2. Berdoa sebelum makan. 3. Makan bersama 4. Merapikan alat makan. |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak melihat vidio tentang gunung meletus https://youtu.be/TN0oEVqAgcU?si=xKFq_z7pvKX8tqcF 2. Anak bersama guru melakukan diskusi tentang “Gunung Meletus” - apa yang muncul saat terjadi gunung meletus? - siapa yang dirugikan saat terjadi gunung meletus? - apa tanda-tanda gunung meletus? 3. Anak membentuk 3 kelompok kecil 4. Guru menunjukan cara mengerjakan project secara singkat. 4. Anak membuat project gunung meletus menggunakan laptop yakni menyusun gambar- gambar/elemen mengenai gunung meletus menggunakan canva dengan kreatifitas masing-masing. |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak secara bergiliran mengungkapkan perasaan belajar hari ini. 2. Anak secara bergiliran mengutarakan kendala yang dialami dalam pembelajaran hari ini. 3. Guru memberikan pesan moral agar anak menjaga lingkungan dan cara evakuasi diri. 4. Guru menyarankan agar di rumah anak dapat membuat karya yang lebih kreatif dengan media asli seperti batu, balok, plastisin dll. 5. Anak berdoa bersama sebelum pulang. |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak mampu memahami instruksi sederhana. | ||||||
| 2 | : anak dapat menunjukan minat dan bakat. | ||||||
| 3 | : anak mampu memecahkan permasalahan. | ||||||
| 4 | : anak mampu mengelola emosi dengan baik. | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||