Bersih Lingkunganku
| Media Teknologi Non-interaktif | : Film animasi | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) | : | ||||||
|
■ Kegiatan di luar - Anak melakukan kegiatan senam - Anak berbaris didepan kelas ■ Kegiatan pembuka - Anak bersama guru melakukan ice breaking dan membentuk lingkaran dengan menyanyikan " lingkaran kecil 2x lingkaran besar" - Guru memberi salam dan menanyakan kabar - Anak berdoa sebelum belajar, al-fatihah, doa kedua orang tua ⁃ Guru melakukan absensi Anak mendoakan temannya yang tidak masuk karena sakit ⁃ Guru menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran Pertanyaan pemantik ○ Siapa yang di rumah sudah mencoba menghias bingkai foto sendiri menggunakan barang bekas? - Guru dan anak menyepakati peraturan kegiatan o Tidak boleh bertengkar ○ Harus bisa bekerjasama dengan teman o Tidak boleh usil o Harus mendengarkan guru yang sedang menjelaskan |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan ( Menit) | : | ||||||
|
- Anak antri mencuci tangan - Anak berdoa sebelum makan - Anak makan bersama - Anak bermain bebas |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (75 Menit) | : | ||||||
|
- Menampilkan video animasi ayo kelola sampah : https://youtu.be/LPKToHZ5fuI?si=NBWyc6t1eThscBUR - Guru memantik dari video tersebut - Anak meronce kalung dari barang bekas sedotan - Anak menghias bingkai foto bebas menggunakan bahan yang disediakan (bunga kering, daun kering dan ranting) |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (30 Menit) | : | ||||||
|
- Anak bersama guru melakukan Ice breaking (pendinginan setelah bermain bebas di luar kelas) - Guru menyampaiankan pesan moral o Jadi kita menjaga lingkungan agar tetap bersih harus apa? o Agar sampah tidak menumpuk banyak apa yang bisa kita lakukan? Anak bersama guru melakukan refleksi o Guru bertanya perasaan kegiatan hari apakah senang? Sedih? Kecewa? - Anak Berdo'a setelah belajar ⁃ Guru menyarankan anak di rumah untuk mencoba membuat bingkai foto keluarga dari barang bekas yang lebih cantik (tindak lanjut) - Gurumemberi salam |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak dapat meronce kalung dari sedotan | ||||||
| 2 | : anak dapat bekerjasama membantu temannya yang sedang mengalami kesulitan | ||||||
| 3 | : anak dapat menghias bingkai foto yang cantik | ||||||
| 4 | : anak dapat menceritakan kembali perasaan saat melakukan kegiatan | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||