#

Jelajah

SIMP3AUD

Sekolah Impian

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Video pembelajaran
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan mengelompokkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Warna, Ukuran (panjang pendek/ tebal tipis/ besar kecil), Bentuk, Model, Jumlah, Tekstur dan Sifat benda (tenggelam, terapung, mengambang) yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :
1. Anak-anak didepan memasuki kelas sambil bersalaman dengan guru
2. Anak duduk di kelas dengan rapi
3. Anak berdo'a sebelum belajar
4. Guru melakukan presensi pada anak
“apakah ada yang tidak masuk teman kita hari ini?”
5. Guru menanyakan kabar anak hari ini
6. Guru menanyakan ada berapa bangunan sekolah di lingkungan sekitar (Kegiatan 
apersepsi)
7. Anak melakukan gerak dan lagu bersama – sama (icebreaking)
“lingkaran kecil lingkaran kecil lingkaran besar”
8. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini (penyampaian tujuan)
9. Anak dan guru melakukan kesepakatan aturan kegiatan (penyampaian aturan bermain)
Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

1. Anak mengambil bekal

2. Anak mencuci tangan

3. Anak membaca doa sebelum makan

4. Anak membaca doa setelah makan

5. Anak merapikan alat makan

6. Anak mencuci tangan

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :

1. Anak mengamati gambar permasalahan bangunan sekolah yang kurang layak

2. Anak menonton tayangan video dari guru mengenai permasalahan bangunan sekolah yang kurang layak ditayangkan dalam kelas, dengan link berikut

https://youtu.be/rZLJ9lr3PS8?si=Gm9NE7Tl4CvTS_6K

3. Anak melakukan tanya jawab dengan guru setelah melihat video mengenai pengetahuan 

materi awal hari ini. Memakai pertanyaan pemantik berikut

1) Peristiwa apa yang terjadi pada gambar tersebut? 

2) Mengapa hal tersebut bisa terjadi? 

3) Bagaimana perasaan kalian jika itu terjadi disekolah kita? (pengenalan rasa 

empati simpati) 

4) Bagaimana cara mengatasi atau solusinya?

4. Anak Menyebutkan bahan-bahan apa saja di lingkungan sekitar yang bisa digunakan 

untuk membuat solusi dari permasalahan yang telah ditampilkan (membuat ruang kelas, 

peralatan didalam kelas, bangunan sekolah, taman sekolah yang nyaman, dll)

5. Anak membentuk kelompok, dengan 5 anggota setiap kelompoknya

6. Anak duduk dan berkumpul dengan kelompoknya masing-masing

7. Anak mendikusikan bentuk proyek bangunan yang akan dibuat dengan kelompoknya

8. Secara berkelompok anak memilih bahan serta alat untuk merancang karya. Hasil proyek 

yang dihasilkan anak dapat berupa ruang kelas, meja, kursi, bangunan sekolah, taman

sekolah dengan berbagai hiasan sesuai dengan hasil diskusi kelompok

9. Anak maju bersama kelompok untuk membawa dan menceritakan secara bergiliran 

mengenai hasil karya yang dibuat 

10. Guru memberikan penguatan ide, pujian, maupun saran pada hasil karya yang 

ditampilkan anak saat kegiatan tanya jawab

11. Anak menempatkan hasil karyanya diruang kelas agar dapat dilihat bersama oleh teman, guru, maupun orang tua

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (20 Menit) :

1. Guru menanyakan perasaan anak setelah melakukan pembelajaran hari ini 

1) Bagaimana perasaanmu setelah belajar hari ini?

2) Apa yang kamu pelajari hari ini?

2. Anak bergiliran menyampaikan pengalaman belajar hari ini (refleksi)

3. Guru memberikan pesan moral untuk saling bekerjasama dan bergotong royong

membantu teman, berempati dan bersimpati, saling menolong kepada orang yang 

tertimpa musibah, menjaga kebersihan, serta berani tampil (pesan moral)

4. Anak mendapatkan saran dari guru untuk terampil berani membuat karya yang semakin 

kreatif di rumah (tindak lanjut)

5. Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan keesokan harinya

Tahapan Berbagi Secara Interaktif (30 Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : belum berkembang
2 : mulai berkembang
3 : sudah berkembang
4 : berkembang dengan baik
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Anak dapat menggolongkan benda berdasarkan warna, bentuk, dan besar kecilnya benda. Anak dapat menganalisis permasalahan dan menyusun solusi
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto