#

Jelajah

SIMP3AUD

Tanaman Buah / Buah Bervitamin C / Buah Naga

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Media power point
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (10 Menit) :
  1. Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas sambil bernyanyi “Naik Kereta Api”
  2. Sesampai di kelas, anak duduk melingkar dan saling melihat kelengkapan temannya, guru melakukan presensi kelas sambil bernyanyi “Aku Punya 2 Mata”
  3. Anak berdoa membaca surat Al-fatihah, berdoa sebelum belajar, berdoa untuk kedua orang tua
  4. Guru menanyakan kabar anak, hari dan tanggal, serta keadaan lingkungan pada saat itu apakah cerah atau hujan (apersepsi)
  5. Guru mengajak anak bernyanyi dan bertepuk (ice breaking)
  6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
  7. Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini
Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) :
  1. Anak mencuci tangan dikran air secara bergantian
  2. Anak mengeluarkan bekal yang sudah dibawa masing-masing dan dimakan bersama-sama dengan teman di kelas
  3. Anak membuang bungkus makanannya ke tong sampah secara bergantian
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :
  1. Guru menyediakan beberapa gambar pemantik yang ada dipower point ini https://gambar.pemantik.buah naga.com/
  2. Anak-anak membentuk kelompok
  3. Setelah itu guru mengajak anak mengamati gambar yang ada, lalu guru memberikan pertanyaan pemantik mengenai gambar tersebut (a) Ada gambar apa saja di sana? b) Pak tani ingin memanen buah naga, kira-kira pak tani akan pergi ke kebun yang mana? c) Bagaimana ciri-ciri tanaman buah naga, bentuk dan warna buah naga, dan olahannya bisa apa saja?
  4. Anak-anak mendiskusikan dengan teman-temannya mengenai hal tersebut
  5. Guru meminta anak untuk mengambil bahan loose part dan plastisin
  6. Secara bergantian anak memilih tugasnya masing-masing, hasil kegiatan anak dapat bermacam-macam seperti: ada yang membuat buah naga dan tanaman buah naga dari plastisin, ada yang membuat toko buah naga, membuat kebun buah naga, dll.
  7. Anak menceritakan hasil karyanya tersebut secara bergiliran
  8. Anak memajang hasil karyanya agar mudah dilihat oleh orang tua yang menjemputnya
  9. Guru menguatkan hasil karya dan ide-ide dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab dengan anak
Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (10 Menit) :
  1. Secara bergiliran anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini (refleksi)
  2. Guru memberikan pesan moral agar anak menjaga tanaman dilingkungan sekitar karena tanaman memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya tanaman buah naga yang tadi sedang dipelajari
  3. Guru menyarankan agar anak-anak di rumah mencoba membuat olahan dari buah naga yang tadi dipelajari
  4. Anak bersama-sama berdoa akhir pelajaran e. Anak berkemas dan bersiap untuk pulang
Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : peserta didik dapat bersyukur atas nikmat adanya tanaman yang kaya akan manfaat seperti buah naga ini
2 : peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri tanaman buah naga, bentuk dan warna buah naga, serta manfaat dan olahan buah naga secara tepat setelah diberikan mater
3 : peserta didik dapat menunjukkan sikap berdiskusi dan bekerja sama dengan temannya ketika diberikan masalah sederhana dalam pembelajaran
4 : peserta didik dapat menyebutkan macam olahan buah naga dan meningkatkan kreatifitas dan keseimbangan antara koordinasi mata dan tangan melalui kegiatan membuat karya dari loose part dan plastisi
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Berisi catatan singkat yang menjelaskan perilaku anak terkait tumbuh kembang anak secepat-cepatnya ketika ada peristiwa yang dianggap istimewa sedang terjadi. Hal yang dicatat memuat kronologis atau bagaimana kejadian tersebut berlangsung
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto