#

Jelajah

SIMP3AUD

Alat elektronik / Komputer / Praktek Dasar Penggunaan Perangkat Komputer

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Komputer
Tujuan Pembelajaran :
  1. Pengenalan perangkat keras komputer (mouse, keyboard) dan perangkat output (monitor)
  2. Praktik penggunaan perangkat keras komputer (mouse, keyboard) dan perangkat output (monitor)
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (10 Menit) :

1. Anak berbaris dengan rapi di depan kelas.

2. Anak berdoa sebelum memulai pembelajaran.

3. Anak melakukan absensi dengan bernyanyi “kalau kau suka hati”

4. Guru menanyakan kepada anak mengenai pembahasan komputer secara general disekitar anak (Apersepsi). “siapa yang pernah melihat komputer?", "apa ada yang memiliki komputer dirumah?"

5. Anak mendengarkan penjelasan guru terkait tujuan kegiatan hari ini.

6. Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini.

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

1. Anak mencuci tangan sebelum memakan bekal

2. Anak berdoa bersama sebelum makan 

3. Anak memakan bekal bersama teman-temannya

4. Anak mencuci tangan setelah makan 

5. Jika masih ada waktu anak  diberikan kesempatan untuk bermain 

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (20 Menit) :

1. Anak melihat video animasi terkait komputer

2. Anak memperhatikan guru menjelaskan di depan mengenai dasar-dasar perangkat keras komputer dan  perangkat output

3. Guru membuka sesi tanya jawab kepada anak dan membuat kelompok

4. Anak berdiskusi dengan kelompok untuk mengulas ulang penjelasan guru

5. Anak bersama kelompok mencoba langsung cara menggunakan perangkat dasar komputer secara bergantian

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (10 Menit) :

1. Anak secara bergiliran mengungkapkan perasaan belajar hari ini.

2. Anak secara bergiliran mengutarakan kendala yang dialami dalam pembelajaran hari ini.

3. Guru memberikan pesan moral agar anak terus mempelajari alat teknologi

4. Guru menyarankan agar di rumah anak dapat mempraktekkan secara langsung jika mempunyai komputer

5. Anak berdoa bersama sebelum pulang.

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak mendengarkan guru dengan seksama
2 : anak dapat memahami intruksi yang diberikan
3 : anak menunjukkan sikap berpikir kritis
4 : anak mampu mempraktekkan perangkat komputer yang telah diajarkan
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto