#

Jelajah

SIMP3AUD

Bersih Lingkunganku

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Film animasi
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan pada perkembangan bahasa awal (menyimak cerita, menceritakan kembali secara lisan dan tertulis , mengamati bahan bacaan, menulis dan membaca simbol) yang difasilitasi media teknologi
  2. Anak menunjukkan kemampuan dalam menyelidiki kejadian atau sifat benda-benda di sekitar anak yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :

❖ Kegiatan di luar

- Anak melakukan kegiatan senam

- Anak berbaris di depan kelas

❖ Kegiatan pembuka

- Anak bersama guru melakukan ice breaking dan membentuk lingkaran dengan menyanyikan “lingkaran kecil 2x lingkaran besar”

- Guru memberi salam dan menanyakan kabar

- Anak berdoa sebelum belajar, al-fatihah, doa kedua orang tua

- Guru melakukan absensi

- Anak mendoakan temannya yang tidak masuk karena sakit

- Guru menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran

Pertanyaan pemantik

o Siapa yang di rumah sudah mencoba menghias bingkai foto sendiri menggunakan barang bekas?

-Guru dan anak menyepakati peraturan kegiatan

o Tidak boleh bertengkar

o Harus bisa bekerjasama dengan teman

o Tidak boleh usil

o Harus mendengarkan guru yang sedang menjelaskan

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (30 Menit) :

- Anak antri mencuci tangan

- Anak berdoa sebelum makan

- Anak makan bersama

- Anak bermain bebas

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (75 Menit) :

- Anak meronce kalung dari barang bekas sedotan

- Anak menghias bingkai foto bebas menggunakan bahan yang disediakan (bunga kering, daun kering dan ranting)

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

- Anak bersama guru melakukan Ice breaking (pendinginan setelah bermain bebas di luar kelas)

- Guru menyampaiankan pesan moral

o Jadi kita menjaga lingkungan agar tetap bersih harus apa?

o Agar sampah tidak menumpuk banyak apa yang bisa kita lakukan?

- Anak bersama guru melakukan refleksi

o Guru bertanya perasaan kegiatan hari apakah senang? Sedih? Kecewa?

- Anak Berdo’a setelah belajar

- Guru menyarankan anak di rumah untuk mencoba membuat bingkai foto keluarga dari barang bekas yang lebih cantik (tindak lanjut)

- Guru memberi salam

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak dapat meronce kalung dari sedotan
2 : anak dapat bekerjasama membantu temannya yang sedang mengalami kesulitan
3 : anak dapat menghias bingkai foto yang cantik
4 : anak dapat menceritakan kembali perasaan saat melakukan kegiatan
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Mengamati dan menganalisis sekap dan perilaku anak saat kegiatan belajar berlangsung
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto