Bersih Lingkunganku /Daur ulang barang bekas
| Media Teknologi Non-interaktif | : Film animasi | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) | : | ||||||
|
- Peserta didik melakukan senam pagi - Peserta didik berbaris - Peserta didik Berdoa sebelum belajar - Guru melakukan absensi pada peserta didik
Guru menyampaikan
aturan main |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) | : | ||||||
|
- Peserta didik mencuci tangan setelah
kegiatan - Peserta didik berdoa sebelum makan
Peserta didik main
bebas |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (90 Menit) | : | ||||||
|
-
Peserta didik menonton Video kegiatan hari
ini “Memilah Sampah https://youtu.be/bDjoHncnSFg?si=7sWQPypdtiFzgIlI
” pada Layar TV -
Guru dan Peserta didik berdiskusi Seputar
video/ pertanyaan pemantik 1. Siapa
yang disini suka dengan jajan? 2. Kalau
selesai makan jajan, bungkusnya di taruh dimana? 3. Jika
kalian melihat sampah yang berserakan apa yang harus kita lakukan? - Peserta didik terbagi menjadi bebrapa
kelompok sesuai keinginannya (guru menyediakan tempat masing-masing berisi 4-5
anak) untuk bekerjasama membuat 2 jenis tong sampah (organik dan an-organik) - Peserta didik berkeliling di lingkungan
sekolah dengan mendetektif sampah organik dan anorganik
Peserta didik bersama
guru melakukan Ice breaking (pendinginan setelah bermain bebas di luar kelas |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
-
Peserta didik bersama guru melakukan Ice
breaking -
Peserta didik menyampaikan pengalaman
belajarnya hari ini secara bergantian (refleksi) -
Guru menyampaikan pesan moral tentang
memanfaatkan barang bekas dan menjaga kelestarian lingkungan -
Guru memberikan saran untuk membuat tong
sampah dirumah dengan lebih baik dan kreatif
Peserta didik
berbaris, berdoa, salam. |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : peserta didik mampu mengidentifikasikan sampah organik dan sampah an-organik dengan benar | ||||||
| 2 | : peserta didik dapat bekerja sama dan saling membantu dengan teman kelompoknya | ||||||
| 3 | : peserta didik mampu mengikuti kegiatan memilah sampah dengan semangat | ||||||
| 4 | : peserta didik mampu menceritakan kembali pengalamannya dengan bahasa yang ekspresif | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||