#

Jelajah

SIMP3AUD

Bersih Lingkunganku /Daur ulang barang bekas

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Film animasi
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi
  2. Anak menunjukkan kemampuan pada perkembangan bahasa awal (menyimak cerita, menceritakan kembali secara lisan dan tertulis , mengamati bahan bacaan, menulis dan membaca simbol) yang difasilitasi media teknologi
  3. Anak menunjukkan kemampuan membandingkan dan mengevaluasi dari berbagai sudut pandang melalui percobaan yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :

-         Peserta didik melakukan senam pagi

-         Peserta didik berbaris

-         Peserta didik Berdoa sebelum belajar

-        Guru melakukan absensi pada peserta didik

Guru menyampaikan aturan main

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

-        Peserta didik mencuci tangan setelah kegiatan

-        Peserta didik berdoa sebelum makan

Peserta didik main bebas

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (90 Menit) :

-          Peserta didik menonton Video kegiatan hari ini “Memilah Sampah https://youtu.be/bDjoHncnSFg?si=7sWQPypdtiFzgIlI ” pada Layar TV

-          Guru dan Peserta didik berdiskusi Seputar video/ pertanyaan pemantik

1.      Siapa yang disini suka dengan jajan?

2.      Kalau selesai makan jajan, bungkusnya di taruh dimana?

3.      Jika kalian melihat sampah yang berserakan apa yang harus kita lakukan?

-       Peserta didik terbagi menjadi bebrapa kelompok sesuai keinginannya (guru menyediakan tempat masing-masing berisi 4-5 anak) untuk bekerjasama membuat 2 jenis tong sampah (organik dan an-organik)

-         Peserta didik berkeliling di lingkungan sekolah dengan mendetektif sampah organik dan anorganik

Peserta didik bersama guru melakukan Ice breaking (pendinginan setelah bermain bebas di luar kelas

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

-          Peserta didik bersama guru melakukan Ice breaking

-          Peserta didik menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini secara bergantian (refleksi)

-          Guru menyampaikan pesan moral tentang memanfaatkan barang bekas dan menjaga kelestarian lingkungan

-          Guru memberikan saran untuk membuat tong sampah dirumah dengan lebih baik dan kreatif

Peserta didik berbaris, berdoa, salam.

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : peserta didik mampu mengidentifikasikan sampah organik dan sampah an-organik dengan benar
2 : peserta didik dapat bekerja sama dan saling membantu dengan teman kelompoknya
3 : peserta didik mampu mengikuti kegiatan memilah sampah dengan semangat
4 : peserta didik mampu menceritakan kembali pengalamannya dengan bahasa yang ekspresif
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
mengamati perilaku anak saling tolong menolong dengan temannya dan menunjukan kreatifitasnya dalam membuat tong sampah
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto