#

Jelajah

SIMP3AUD

Makhluk hidup

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Tablet
Tujuan Pembelajaran :
  1. Praktik penggunaan perangkat keras tablet (pena digital) dan perangkat output (monitor/layar sentuh)
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak ( Menit) :
  • -  Anak-anak berbaris di depan kelas dengan rapi

  • -  Sesampainya di kelas anak duduk secara rapi di kursi masing-masing dan saling melihat kelengkapan temannya (apa teman-temannya sudah lengkap anak-anak)

  • -  Guru melakukan absensi

  • -  Anak berdoa awal pelajaran dipimpin salah satu murid

  • -  Guru
    dapat melakukan percobaan sederhana untuk membantu anak-anak

    memahami konsep-konsep yang terkait dengan binatang yang hidup di air

- Guru mengajak anak-anak menyanyi tentang fase hujan

( https://youtu.be/J-exFGWR94k?si=5zNi3Rl-2pxl_ZqU )

  • -  Guru menanyakan di air terdapat binatang apa saja

    - Guru menanyakan siapa yang di rumahnya memiliki ikan 

    - Guru mengajak anak untuk bercerita tentang ikan sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki ancak 

  • -  Guru mengajak anak untuk menyebutkan binatang apa saja yang

    mereka ketahui yang hidup di air

  • -  Guru menyampaikan tujuan belajar hari ini

  • -  Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan pembelajaran hari ini

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :
Anak makan bekal bersama-sama 
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (30 Menit) :

Guru menyediakan gambar berikut:

 page5image2514240 page5image19183504
  • - guru membagikan tablet ke masing-masing anak 

    - anak diberikan instruksi untuk menggambar binatang yang hidup di air 

    - anak juga diberikan instruais untuk menggambar dengan tablet sesuai dengan kemampuan anak 

    - setelah selesai menggambar, anak diberikan instruksi untuk mewarnai 

    - anak memamerkan dan menceritakan hasil karyanya di depan kelas 


Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (10 Menit) :

- Guru menanyakan bagaimana perasaannya setelah belajar tentang awan binatang yang hidup di air

  • -  Guru memberikan pesan moral

  • -  Guru menyarankan anak-anak di rumah untuk ikan yang ada di kolam

  • -  Anak berdo’a pulang

  • -  Anak-anak bersiap untuk pulang

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : apakah anak dapat menggunakan tablet dengan baik
2 : apakah anak dapat menggambar dan mewarnai dengan rapi
3 : apakah anak dapat berkomunikasi dengan temanya dengan baik
4 : apakah anak dapat menyebutkan binatang yang hidup di air dengan teapot
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : video
Foto Berseri : foto