Buah Bervitamin C/Jeruk
| Media Teknologi Non-interaktif | : Video pembelajaran | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak ( Menit) | : | ||||||
|
a. Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas sambil bernyanyi “Lagu Sikap Siap” |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan ( Menit) | : | ||||||
|
1. Pendidik mendampingi anak-anak makan bekal 2. pendidik memandu peserta didik untuk membaca doa sebelum dan sesudah makan 3. Pendidik mengajak peserta didik untuk membersihkan sampah-sampah disekitar dan mengajak peserta didik untuk cuci tangan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran kembali. |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil ( Menit) | : | ||||||
|
a. Peserta didik diberikan 2 gambar sebagai pemantik materi oleh pendidik yaitu kulit b. Peserta didik berdiskusi dengan temannya setelah melihat video bersama-sama dan e. Pendidik mengajak anak untuk melakukan eksperimen dengan memotong kulit jeruk |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung ( Menit) | : | ||||||
|
a. Secara bergiliran anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini (refleksi) |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis buah bervitamin c, manfaat kandungan vitamin c bagi tubuh dan dampak dari kurangnya asupan vitamin c bagi tubuh | ||||||
| 2 | : peserta didik dapat mengikuti langkah- langkah untuk menguji kandungan vitamin c dengan disediakannya minuman sachet yang tinggi, sedang hingga rendah kandungan vitamin c dengan campuran betadine. | ||||||
| 3 | : peserta didik dapat membuat hasil karya seni sesuai ide masing-masing anak dengan memanfaatkan kulit jeruk dan memeras jeruk | ||||||
| 4 | : peserta didik secara percaya diri dapat menceritakan kembali materi yang telah dipelajari dan menceritakan hasil olahan dari buah bervitamin c. | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||