#

Jelajah

SIMP3AUD

Buah Bervitamin C/Jeruk

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Video pembelajaran
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak ( Menit) :

a. Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas sambil bernyanyi “Lagu Sikap Siap”
b. Sesampai di kelas, anak duduk melingkar dan saling melihat kelengkapan temannya,
guru melakukan presensi kelas sambil bernyanyi “Aku Punya 2 Mata”
c. Anak berdoa membaca surat Al-fatihah, berdoa sebelum belajar, berdoa untuk kedua
orang tua
d. Guru menanyakan kabar anak, hari dan tanggal, serta keadaan lingkungan pada saat
itu apakah cerah atau hujan (apersepsi)
e. Guru mengajak anak bernyanyi dan bertepuk (ice breaking)
f. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
g. Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan ( Menit) :

1. Pendidik mendampingi anak-anak makan bekal

2. pendidik memandu peserta didik untuk membaca doa sebelum dan sesudah makan

3. Pendidik mengajak peserta didik untuk membersihkan sampah-sampah disekitar dan mengajak peserta didik untuk cuci tangan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran kembali.

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil ( Menit) :

a. Peserta didik diberikan 2 gambar sebagai pemantik materi oleh pendidik yaitu kulit
jeruk yang dibuang, dan pemanfaat karya dari kulit jeruk dan Guru menayangkan video mengenai dampak dari kurangnya vitamin c pada tubuh.
Link video: https://youtu.be/uhOOGsMiddQ?si=mO-vT4Q5lMfcdpFp, Pendidik mengajak anak-anak untuk melihat cuplikan video pembelajaran mengenai
buah jeruk, link video: https://youtu.be/lOnckTbiaUM?si=Ve9d5_D3SF9a0inn

b. Peserta didik berdiskusi dengan temannya setelah melihat video bersama-sama dan
diberikan pertanyaan pemantik oleh pendidik.
Pertanyaan pemantik :
- Apa yang akan terjadi jika tubuh kita kurang asupan vitamin c?
- Bagaimana caranya agar tubuh kita tidak lemas dan kulit kita kering?
- Berapa banyak minuman sachet yang mengandung vitamin C di sekitar
lingkungan kita?
c. Anak-anak diberikan waktu diskusi dengan teman-temannya mengenai hal tersebut
d. Pendidik mengajak anak untuk melakukan eksperimen dengan melakukan uji coba
vitamin c dengan 3 jenis minuman yang tinggi kadar vitamin c, sedang hingga tidak
ada kandungan vitamin c

e. Pendidik mengajak anak untuk melakukan eksperimen dengan memotong kulit jeruk
sesuai dengan kreasi masing-masing anak
F. Anak membuat olahan jeruk peras dari buah jeruk asli secara bergantian
G. Anak menceritakan hasil eksperimennya tersebut secara bergiliran
H. Anak memajang hasil eksperimennya dan menikmati hasil perasan jeruk Bersama
teman-teman sekelas
I. Guru memberi penguatan materi dari hasil eksperimen yang dilakukan dan
memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab dengan anak

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung ( Menit) :

a. Secara bergiliran anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini (refleksi)
b. Guru memberikan pesan moral tentang manfaat dari buah jeruk bagi tubuh
c. Guru menyarankan agar anak-anak di rumah mencoba membuat jeruk peras dan
melakukan uji coba kadar vitamin C di rumah masing-masing
d. Anak Bersama-sama berdoa akhir pelajaran
e. Anak berkemas dan bersiap untuk pulang

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis buah bervitamin c, manfaat kandungan vitamin c bagi tubuh dan dampak dari kurangnya asupan vitamin c bagi tubuh
2 : peserta didik dapat mengikuti langkah- langkah untuk menguji kandungan vitamin c dengan disediakannya minuman sachet yang tinggi, sedang hingga rendah kandungan vitamin c dengan campuran betadine.
3 : peserta didik dapat membuat hasil karya seni sesuai ide masing-masing anak dengan memanfaatkan kulit jeruk dan memeras jeruk
4 : peserta didik secara percaya diri dapat menceritakan kembali materi yang telah dipelajari dan menceritakan hasil olahan dari buah bervitamin c.
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Anak dapat menunjukkan sikap bekerja sama dan berdiskusi yang baik dengan temannya serta Anak dapat membedakan minuman sachet buah bervitamin C sesuai dengan kadar kandungan vitamin C yang diuji terlebih dahulu menggunakan betadine.
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto