AkuSayangBumi/IndahnyaAlamSemesta/Matahari
| Media Teknologi Interaktif | : Video pembelajaran interaktif | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas sambil bernyanyi “disini senang, disana senang...” https://youtu.be/bCNdKYR8YdA?si=KDWKRl2TzSEKyama
2. Sesampai dikelas, anak duduk melingkar dan saling melihat kelengkapan temannya (apakah ada yang tidak masuk ?) 3. Anak berdoa awal pelajaran dan mendoakan temannya yang tidak masuk karena sedang sakit 4. Guru menayangkan video petani gagal panen 5. Guru mengajak anak bernyanyi sambil menirukan gerakan yang ada di video 6. Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk berdiskusi dengan anak-anak : - Apa yang kalian ketahui tentang matahari? |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Guru mengajak anak berbaris untuk mencuci tangan 2. Anak antri untuk mencuci tangan secara bergantian 3. Setelah mencuci tangan anak mengeringkan tangan dengan lap tangan 4. Anak kembali ke kelas dan duduk di kursi masing-masing 5. Anak yang piket memimpin doa sebelum makan 6. Guru mempersilahkan mengambil bekal secara bergantian 7. Anak makan dengan tertib dan tenang 8. Setelah selesai makan, anak membersihkan peralatan yang telah digunakan dan meletakkan pada tempatnya 9. Anak yang piket memimpin doa sesudah makan 10. Guru mengajak anak untuk merapikan kelas |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) | : | ||||||
|
KEGIATAN 1 1. Guru dan anak bersama menyanyikan lagu “Akulah Matahari” https://youtu.be/vR1dnsB7Geo?feature=shared 2. Guru menyediakan piring kertas untuk anak-anak membuat bentuk matahari 3. Anak-anak secara individu membuat bentuk matahari 4. Anak membuat bentuk matahari dari piring kertas kemudian dilapisi kertas minyak 5. Anak menceritakan hasil karya bentuk matahari yang sudah dibuat 6. Anak memajang hasil karyanya agar mudah dilhat oleh orang tua saat menjemputnya 7. Ketika anak selesai membuat bentuk matahari, guru dapat bertanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak : - Saat kalian membuat matahari dari piring kertas, matahari berbentuk seperti apa? KEGIATAN 2 1. Guru menyediakan alat dan bahan, seperti pewarna makanan, kelereng/koin, kain mori/flanel, air 2. Anak-anak berkreasi membuat batik celup dengan bantuan teman sebaya dan guru 3. Anak menjemur batik celup di tempat yang dekat dengan terik matahari 4. Anak menceritakan manfaat sinar matahari bagi manusia |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini tentang matahari 2. Guru menyarankan agar anak-anak dapat memanfaatkan sinar matahari untuk menjemur pakaian 3. Guru menyarankan anak untuk bertanya kepada orangtua tentang manfaat matahari di kehidupan sehari-hari 4. Anak bersama-sama berdoa akhir pelajaran 5. Anak berkemas dan bersiap untuk pulang |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak membiasakan bersyukur bahwa matahari merupakan ciptaan tuhan yme | ||||||
| 2 | : anak menunjukkan suaranya melalui kegiatan bernyanyi bersama dengan semangat | ||||||
| 3 | : anak mengimplementasikan manfaat sinar matahari melalui batik celup dengan tepat | ||||||
| 4 | : anak berkreasi membuat bentuk matahari dengan terampil | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||