#

Jelajah

SIMP3AUD

Aku Sayang Bumi / Lingkungan Sekitar/ Sekolahku yang Bersih

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Interaktif

Media Teknologi Interaktif : Video pembelajaran interaktif
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan memberikan penamaan pada benda (gambar, tanda, simbol, dan cerita) yang difasilitasi media teknologi.
  2. Anak menunjukkan kemampuan mengelompokkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Warna, Ukuran (panjang pendek/ tebal tipis/ besar kecil), Bentuk, Model, Jumlah, Tekstur dan Sifat benda (tenggelam, terapung, mengambang) yang difasilitasi media teknologi.
  3. Anak menunjukkan kemampuan membandingkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Warna, Ukuran (panjang pendek/ tebal tipis/ besar kecil), Bentuk, Model, Jumlah, Tekstur dan Sifat benda (tenggelam, terapung, mengambang) yang difasilitasi media teknologi.
  4. Anak menunjukkan kemampuan dalam menyelidiki kejadian atau sifat benda-benda di sekitar anak yang difasilitasi media teknologi.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (20 Menit) :

- Guru memnyambut anak - anak  didepan kelas.

Anak-anak membentuk barisan dan menyanyikan lagu " Ayo Baris Teman - Teman" untuk memasuki ruang kelas.

- setelah didalam kelas  anak duduk melingkar serta mengabsen kehadiran teman.

-guru dan anak berdoa bersama untuk memulai kegiatan pembelajaran.

- Guru mengajak anak-anak berdiskusi mengenai sampah : Apa saja yang ada dilingkungan sekolah?apa saja yang membuat lingkungan sekolah menjadi bersih? apa saja hal yang membuat lingkungan sekolah menjadi kotor?

- guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari tersebut  

- guru dan anak menyepakati aturan permainan.



Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

- berbaris untuk keluar kelas untuk mengantri cuci tangan

- anak berdoa bersama untuk makan yang dipimpin oleh salah satu anak

- Anak memakan bekal

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (40 Menit) :

- Guru menayangkan video interkatif mengenai perbedaan sampah organik dan anorganik

- Guru mengajak anak untuk melakukan observasi di luar ruang kelas.- -

- Guru mengajak anak-anak untuk mengamati berbagai macam sampah yang ada di lingkungan sekolah.

- Guru memberikan sarung tangan plastik pada anak.

- Guru meminta anak untuk mengumpulkan 3 sampah yang berbeda di lingkungan sekolah tersebut

- Guru meminta anak untuk mengamati sampah tersebut.

- Guru menyediakan dua sampah dengan warna berbeda (kuning dan hijau).

- Guru meminta anak untuk mengelompokkan sampah sesuai dengan jenisnya (hijau sampah organik dan kuning sampah anorganik).

- Guru menjelaskan dampak dari sampah yang menumpuk.




Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

- Anak kembali ke kelas dan duduk sesuai dengan tempat duduknya.

- Secara bergiliran anak menyampaikan pengalaman belajar pada hari tersebut

- Guru mengajak anak-anak untuk menjaga lingkungan yang bebas sampah.

- Guru dan anak berdoa bersama untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari tersebut.

- Anak dapat berkemas dan bersiap untuk pulang


Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : dapat menyelesaikan masalah sederhana
2 : mengetahui situasi yang dapat membahayakan diri anak dan lingkungan anak.
3 : menguasai literasi sederhana
4 : menanamkan sikap tanggung jawab
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Catatan singkat hasil observasi guru guna merekam perilaku atau capaian anak yang sekiranya penting untuk dicatat.
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto