Aku Sayang Bumi / Lingkungan Sekitar/ Sekolahku yang Bersih
| Media Teknologi Interaktif | : Video pembelajaran interaktif | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (20 Menit) | : | ||||||
|
- Guru memnyambut anak - anak didepan kelas. - Anak-anak membentuk barisan dan menyanyikan lagu " Ayo Baris Teman - Teman" untuk memasuki ruang kelas. - setelah didalam kelas anak duduk melingkar serta mengabsen kehadiran teman. -guru dan anak berdoa bersama untuk memulai kegiatan pembelajaran. - Guru mengajak anak-anak berdiskusi mengenai sampah : Apa saja yang ada dilingkungan sekolah?apa saja yang membuat lingkungan sekolah menjadi bersih? apa saja hal yang membuat lingkungan sekolah menjadi kotor? - guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari tersebut - guru dan anak menyepakati aturan permainan. |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) | : | ||||||
|
- berbaris untuk keluar kelas untuk mengantri cuci tangan - anak berdoa bersama untuk makan yang dipimpin oleh salah satu anak - Anak memakan bekal |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (40 Menit) | : | ||||||
|
- Guru menayangkan video interkatif mengenai perbedaan sampah organik dan anorganik - Guru mengajak anak untuk melakukan observasi di luar ruang kelas.- - - Guru mengajak anak-anak untuk mengamati berbagai macam sampah yang ada di lingkungan sekolah. - Guru memberikan sarung tangan plastik pada anak. - Guru meminta anak untuk mengumpulkan 3 sampah yang berbeda di lingkungan sekolah tersebut - Guru meminta anak untuk mengamati sampah tersebut. - Guru menyediakan dua sampah dengan warna berbeda (kuning dan hijau). - Guru meminta anak untuk mengelompokkan sampah sesuai dengan jenisnya (hijau sampah organik dan kuning sampah anorganik). - Guru menjelaskan dampak dari sampah yang menumpuk. |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
- Anak kembali ke kelas dan duduk sesuai dengan tempat duduknya. - Secara bergiliran anak menyampaikan pengalaman belajar pada hari tersebut - Guru mengajak anak-anak untuk menjaga lingkungan yang bebas sampah. - Guru dan anak berdoa bersama untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari tersebut. - Anak dapat berkemas dan bersiap untuk pulang |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : dapat menyelesaikan masalah sederhana | ||||||
| 2 | : mengetahui situasi yang dapat membahayakan diri anak dan lingkungan anak. | ||||||
| 3 | : menguasai literasi sederhana | ||||||
| 4 | : menanamkan sikap tanggung jawab | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||