Kokoh Sekolahku Nyaman Belajarku
| Media Teknologi Non-interaktif | : Video pembelajaran | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (20 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak berbaris sebelum masuk kelas sambil menyanyi lagu “pagiku cerahku”, lalu menyapa guru dengan tos beragam gaya. 2. Sesampainya di kelas, anak duduk melingkar dan saling melihat kelengkapan temannya. 3. Anak berdoa awal pembelajaran (bisa dipimpin salah satu anak), lalu anak diajak untuk mendoakan teman yang sedang sakit. 4. Guru melakukan tanya jawab tentang peralatan yang ada di kelas 5. Guru mengajak anak untuk bernyanyi 6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini 7. Guru dan anak membuat kesepakatan sebelum kegiatan.
|
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) | : | ||||||
| Makan Bersama | |||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (40 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak diajak mengamati lingkungan sekitar sekolah. 2. Anak diminta untuk menceritakan kembali apa saja yang ada di lingkungan sekolah. 3. Anak diajak bergerak dan bernyanyi “berjongkok senang, berdiri senang, berputar-putar mencari 2 teman.” 4. Guru membagikan gambar bangunan sekolah yang roboh. Guru mengajak anak mengamati gambar tersebut dengan kelompoknya masing-masing. Anak diberikan pertanyaan pemantik, seperti “gambar apa itu? Mengapa ya itu bisa terjadi? Bagaimana perasaanmu jika itu adalah sekolahmu? bagaimana ya supaya sekolah itu bisa digunakan lagi untuk belajar?” 5. Anak berdiskusi bersama teman sekelompoknya untuk mencari solusi dari masalah tersebut. 6. Anak berkreasi membuat sekolah yang baru menggunakan alat dan bahan yang telah disediakan oleh guru. 7. Anak menceritakan hasil karyanya secara bergiliran. 8. Guru menguatkan hasil karya dan ide-ide anak dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab dengan anak. |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini secara bergantian. 2. Guru memberikan pesan moral agar senantiasa peduli terhadap lingkungan sekitar serta senantiasa merawat benda-benda ciptaan Tuhan yang ada di sekitarnya 3. Guru menyarankan agar anak-anak di rumah mencoba membuat karya-karya yang lebih kreatif lagi. 4. Anak-anak berkemas dan bersiap untuk pulang. 5. Anak-anak berdoa akhir pelajaran secara bersama sama. 6. Anak-anak membuat barisan kereta api sambil bernyanyi “sayonara” lalu bersalaman dengan guru. |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak dapat bersyukur atas segala bentuk ciptaan yang tuhan berikan dengan mengucap hamdalah | ||||||
| 2 | : anak dapat berkolaborasi merancang bangunan sekolah yang kuat dan kokoh | ||||||
| 3 | : melalui kegiatan observasi anak dapat terbiasa bertanya (eksploratif) saat mengamati sesuatu | ||||||
| 4 | : melalui kegiatan berdiskusi anak dapat belajar menghargai pendapat teman | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||