| Media Teknologi Non-interaktif |
: Video pembelajaran |
| Tujuan Pembelajaran |
: |
- Anak menunjukkan kemampuan memberikan penamaan pada benda (gambar, tanda, simbol, dan cerita) yang difasilitasi media teknologi
- Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi
- Anak menunjukkan kemampuan membandingkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Warna, Ukuran (panjang pendek/ tebal tipis/ besar kecil), Bentuk, Model, Jumlah, Tekstur dan Sifat benda (tenggelam, terapung, mengambang) yang difasilitasi media teknologi
- Anak menunjukkan kemampuan dalam menyelidiki kejadian atau sifat benda-benda di sekitar anak yang difasilitasi media teknologi
|
| Model Pembelajaran |
: Media/Bahan Main Lainnya |
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) |
: |
- Ketua kelas memimpin doa, lalu guru bertanya kepada anak-anak tentang siapa saja yang tidak masuk hari ini
- Guru bertanya pada anak-anak, “Dimana kita biasa membuang sampah?”, “Apa yang terjadi jika kita membuah sampah tidak pada tempatnya?” (apersepsi)
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (penyampaian tujuan)
- Guru dan anak-anak menyepakati aturan permainan (penyepakatan aturan permainan)
|
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (30 Menit) |
: |
- 1. Anak mencuci tangan secara bergantian
- 2. Anak membuat lingkaran besar untuk makan bersama di dalam kelas
- 3. Anak bermain di area bermain selama sisa waktu istirahat
- 4. Ice breaking berupa tepuk semangat dan tepuk satu dua tiga sebelum memulai kelas
|
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (45 Menit) |
: |
- Guru memperlihatkan foto sampah berserakan dan lingkungan yang kotor
- Guru menayangkan video animasi “Kita Bisa Menjaga Lingkungan” https://youtu.be/bDjoHncnSFg?si=eXRKYsZpMR_sFf9g
- Guru bertanya tentang peristiwa yang terjadi, “apa yang bisa kita lakukan sekarang?”
- Guru melakukan sesi diskusi tentang jenis sampah organik dan anorganik dengan siswa
- Guru menyiapkan APE berupa papan untuk sampah organik dan anorganik (kertas serat plastik dan kaleng)
- Anak mewarnai kertas bergambar yang dibelakangnya telah dilapisi sterofoam
- Anak menempel sampah berdasarkan jenisnya ke papan sampah yang disiapkan oleh guru secara mandiri
- Anak maju secara bergiliran membawa hasil karya dan menyebutkan sampah yang telah dipilah
|
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) |
: |
- Guru mengulang apa yang telah dipelajari secara singkat dan memberikan pesan moral agar kita membang sampah sesuai jenisnya agar gmudah diolah (refleksi dan pesan moral)
- Guru menyarankan agar anak-anak membuat karya lain yang lebih kreatif (tindak lanjut)
- Ketua kelas memimpin doa setelah pembelajaran
- Anak-anak berkemas dan bersiap untuk pulang
|
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) |
: |
|
|
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) |
: |
|
|
| Asesment Pembelajaran |
|
| Ceklist Penilaian |
: |
| 1 |
: bm = belum muncul |
| 2 |
: m = muncul |
| 3 |
: |
| 4 |
: |
| Catatan Anekdot |
|
| Aspek yang Diamati |
Teramati |
Belum Teramati |
|
Anak dapat menggunakan fisik motoriknya berupa menulis, mewarna, dan menempel dengan tepat
|
|
|
|
| Hasil Karya |
: foto |
| Foto Berseri |
: foto |