#

Jelajah

SIMP3AUD

Burger Sehatku

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Interaktif

Media Teknologi Interaktif : Video pembelajaran interaktif
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan mengkonstruksi hasil percobaannya yang difasilitasi media teknologi.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (20 Menit) :

1. Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas dan guru menyambut peserta didik untuk masuk ke dalam kelas masing-masing.

2. Di dalam kelas guru mengajak anak untuk duduk berbaris

3. Guru membuka kelas dengan memberi salam dan berdo’a bersama-sama

4. Guru  mengabsensi siswa dengan bernyanyi

5. Guru menanyakan beberapa hal:

-       Sarapan apa tadi pagi?

-       Apakah ada yang sudah tau burger?

-       Apakah ada yang suka burger?

6. Guru mengajak anak untuk bernyanyi bersama

https://youtu.be/QxbF-tXyLd4?si=ymnIlsJHFKvlS2rQ

Makan, jangan asal makan
Perut buncit langsung kenyang
Makan pakai aturan yang Nabi ajarkan 

Makan, jangan asal makan
Perut buncit langsung kenyang
Raihlah keberkahan dalam setiap makan

Let’s go...let’s go...
Let’s go...let’s go...

Cuci bersih tanganmu
Ucapkanlah bismillah
Gunakan tangan kananmu
Biasakan tak berdiri

Jangan tiup yang panas
Lebih baik dikipas
Minum dalam tiga tegukan
Satu...dua..tiga...

7. Guru menjelaskan kegiatan apa saja yang akan di lakukan

8. Guru membuat peraturan bersama anak-anak

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (20 Menit) :

1. Anak dipersilahkan untuk makan bekal bersama

2. Anak dibebaskan untuk bermain bersama teman-temanya dan beristirahat sejenak 

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :

1.       Guru memberikan gambar roti yang gosong dan yang tidak gosong

2.       Guru memberikan pertanyaan seperti:

-       Makanan mana yang tampilannya menarik?

-       Bagaimana rasanya makanan yang gosong?

-       Bagaimana caranya agar masakan kita tidak gosong?

3.       Guru menampilkan video tentang pembuatan burger di LCD https://youtu.be/VH3KQrce_os?si=OJc11SOFfkJfmDkd

4.       Setelah selesai menonoton video, guru bertanya kepada anak

-               Alat apa saja yang akan digunakan?

-               Bahan apa saja yang disediakan?

-               Bagaimana langkah-langkahnya?

5.       Bermain menyusun gambar

-              Guru memberikan gambar bahan-bahan burger

-              Anak diminta menyusun gambar sesuai dengan keinginan anak

6.       Guru mengajak ke ruangan cooking class

-              Guru dibantu anak menyiapkan alat dan bahan membuat burger

-              Guru menjelaskan cara menggunakan benda tajam (pisau) dan alat masaksupaya berhati-hati

-              Guru mengajak anak membuat burger dengan urutan yang telah disusun oleh anak

-              Anak dipersilahkan untuk saling membantu jika temannya kesusahan

-              Anak dibebaskan berkreasi dalam menghias burger di piring

-              Guru mengajak anak membersihkan tempat memasak dan mencuci tangan

7.       Guru mempersilahkan anak-anak untuk mempresentasikan hasil karyanya secara individu

8.       Guru mengajak anak duduk melingkar

9.       Guru mengajak anak berdoa sebelum makan dan emakan burger bersama-sama

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (20 Menit) :

1.   Guru meminta anak untuk membereskan area kegiatan bermain

2.   Guru meminta anak untuk menyampaikan pengalaman belajar hari ini

3.  Guru meminta anak untuk menempelkan simbol ekspresi sesuai perasaan anak hari ini di dinding nama

4.  Guru memberi pesan moral kepada anak terkait kegiatan tadi

5.  Guru menjelaskan materi pembelajaran untuk esok hari yaitu melukis

6. Guru mengajak anak untuk berdoa untuk pulang

7. Bernyanyi sayonara

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : (bb) belum berkembang: anak dalam melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru
2 : (mb) mulai berkembang: anak dalam melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru
3 : (bsh) berkembang sesuai harapan: anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru
4 : (bsb) berkembang sangat baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
dalam penilaian ini guru melihat catatan anak yang bermakna selama kegiatan bermain berlangsung. seperti catatan perilaku, celoteh, atau informasi lain yang berkaitan dengan anak
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto