#

Jelajah

SIMP3AUD

Aku Berani Sekolah

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Film animasi
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (20 Menit) :

1.      Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas dan guru menyambut peserta didik untuk masuk ke dalam kelas masing-masing

2.      Di dalam kelas guru mengajak anak untuk duduk dikursi

3.      Guru membuka kelas dengan memberi salam dan berdo’a bersama-sama

4.      Guru mengabsensi siswa dengan bernyanyi

5.      Guru menanyakan beberapa hal seperti:

-          Bagaimana rasanya awal masuk sekolah?

-          Apa sudah ada yang saling kenal?

-          Nama buguru nya ada siapa saja ya?

6.      Guru mengajak anak untuk ice breaking

     7.   Guru menjelaskan kegiatan apa saja yang akan di lakukan selanjutnya

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (20 Menit) :

makan bersama :

  1. peserta didik berbaris didepan wasyafel untuk bergantian mencuci tangan
  2. guru mengajak anak duduk melingkar
  3. guru dan peserta didik bersama-sama membaca doa akan makan dan sesudah makan
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (40 Menit) :

Kegiatan Inti

1.      Guru menganalkan diri kepada peserta didik

2.      Guru menyajikan 2 gambar :

-          Gambar guru yang sedang mengajar

-          Gambar anak-anak disekolah yang sedang bermain dan belajar

3.      Anak diminta mengidentifikasi gamabar tersebut:

-          Guru itu siapa sih?

-          Itu gmbar anak-anak sedang ngapain?

-          Siapa yang suka sekolah?

4.      Peserta didik memperhatikan video tentang sekolah itu menyenangkan

https://youtu.be/5hbcihCTa1U?si=eh105Xu3HDfGSt7Y

5.      Peseta didik dan guru bernyanyi tentang Ayo sekolah biar pintar

https://youtu.be/X1f4iujAo_U?feature=shared

6.      Memperkenalkan diri :

-          Guru memberikan bagaimana caranya untuk memperkenalkan diri (mulai dari mengucapkan salam dan mengenalkan namanya)

-          Guru mengajak anak memperkenalkan identitas dirinya secara bergantian dengan percaya diri

-          Setiap anak sudah memperkenalkan namanya, guru dan peserta didik menyambut dengan kalimat “haloo ….. selamat pagi”

7.      Berkenalan dengan teman :

-          Guru menyediakan bola warna warni (merah, kuning, hijau) dan name tag

-          Peserta didik mengambil 1 bola secara acak

-          Peserta didik berkelompok dengan warna bola yang sama

-          Peserta didik diminta untuk saling berkenalan dan mengingat nama temannya

-          Guru membagikan name tag dengan nama yang acak, peserta didik diminta untuk melengkapi garis

-          Lalu peserta didik diminta untuk mencari pemilik nama di name tag tersebut dan menempelkan didada sebelah kanan

7.      Bermain Maze (Rumah Menuju Sekolah dengan melewati rumah teman)

-          Guru menyiapkan maze

-          Guru membagikan kepada setiap peserta didik

-          Guru meminta peserta didik Menacari Jalan Menuju sekolah dengan melewati Rumah teman

-          Guru bertanya kepada masing-masing peserta didik “dari rumah hingga sampai ke sekolah mendapatkan berapa teman?”

 

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (10 Menit) :

1        Guru meminta anak untuk membereskan area kegiatan bermain

2        Guru meminta anak untuk menyampaikan pengalaman belajar hari ini

3        Guru meminta anak untuk menempelkan simbol ekspresi sesuai perasaan anak hari ini di dinding nama

4        Guru memberi pesan moral kepada anak terkait kegiatan tadi

5        Guru menjelaskan materi pembelajaran untuk esok hari

6        Guru mengajak anak untuk berdoa untuk pulang

7        Bernyanyi sayonara

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 :
2 :
3 :
4 :
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto