#

Jelajah

SIMP3AUD

Diri Sendiri / 5 Panca Indera

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Interaktif

Media Teknologi Interaktif : Video pembelajaran interaktif
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan memberikan penamaan pada benda (gambar, tanda, simbol, dan cerita) yang difasilitasi media teknologi.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :

1. Guru mengajak anak baris berbaris membuat kereta api untuk memasuki kelas.

2. Anak-anak duduk melingkar dengan melihat sekelilingnya apakah temannya sudah lengkap.

3. Berdoa ketika memulai pembelajaran yang dipimpin oleh salah satu siswa

4. Melakukan tanya jawab mengenai bagaimana keadaan lingkungan sekitar sekolah saat ini?

5. Menyanyi lagu panca indera. 

https://youtu.be/_Bl_bLrPadY?si=QxK1oK9NOuYrnxk1

6.  Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai.


7. Guru menyampaikan aturan bermain yang akan dilakukan pada kegiatan hari ini.

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

15. Bermain bebas.

16. Anak cuci tangan sebelum makan secara bergiliran.

17. Anak berdoa sebelum makan bersama.

18. Makan bersama.

19. Anak berdoa setelah makan.

20. Anak mencuci tangan setelah makan secara bergiliran. 

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :

8. Guru memberikan pertanyaan

a. Indera apa saja yang ada didalam tubuh kita?

b. Bagaimana cara bekerja dari indra pencium lewat apa?

c. Bagaimana jikalau kita tidak diberikan indera penciuman oleh tuhan? apa yang akan terjadi? (pertanyaan pemantik)

9. Guru mengarahkan anak untuk membuat kelompok menjadi 2 kelompok.


10. Guru mengajak anak mengurutkan dan mengelompokkan indera sesuai dengan jenis dan fungsinya.


11. Anak memulai kegiatan dengan mencocokkan gambar indera dengan fungsinya pada media kertas yang telah disediakan. 


12. Setelah selesai guru mengarahkan anak untuk kegiatan selanjutnya berupa mewarnai sketsa gambar anggota tubuh dan menulis nama pada bagian belakang hasil karya anak.


13. Anak secara bergantian maju ke depan untuk menunjukkan hasil proyek kerjanya dan menceritakannya


14. Guru mendokumentasikan hasil karya anak dan memajangnya di tembok depan kelas

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

21. Refleksi dengan guru menanyakan kepada anak tentang bagaimana kegiatan hari ini.

22. Guru memberikan kertas ekspresi yang menunjukkan ekspresi anak setelah melakukan kegiatan hari ini.

23. Siswa menceritakan tentang kegiatan apa saja yang sudah dilakukan anak-anak hari ini.

24. Guru memberikan apresiasi kepada anak atas kegiatan hari ini.

25. Guru memberikan pesan moral kepada anak bahwa pentingnya menjaga kesehatan diri dengan cara merawat dengan benar dan tetap menyayangi diri sendiri.

26. Guru melaksanakan tindak lanjut dengan apa yang ingin dilakukan selanjutnya saat bermain di sekolah.

27. Anak berdoa mengakhiri pelajaran.

28. Anak berkemas dan bersiap pulang.

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak terbiasa mengucapkan syukur terhadap ciptaan tuhan yang maha esa.
2 : anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar.
3 : anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh dan fungsi anggota tubuh.
4 : anak terbiasa merawat dirinya sesuai dengan tata caranya.
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto