#

Jelajah

SIMP3AUD

Binatang/Binatang Peliharaan/Kucing

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Interaktif

Media Teknologi Interaktif : Video pembelajaran interaktif
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan memberikan penamaan pada benda (gambar, tanda, simbol, dan cerita) yang difasilitasi media teknologi.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :

1.        Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas sambil bernyanyi “tangan ke atas menggapai bintang...” https://youtu.be/OVbGAT6WIsk?si=mjhXQ0ygMoOJIw5b

2.        Sesampai dikelas, anak duduk melingkar dan saling melihat kelengkapan temannya (apakah ada yang tidak masuk?)

3.        Anak berdoa awal pelajaran dan mendoakan temannya yang tidak masuk karena sedang sakit

4.        Guru menayangkan video tentang kucing

5.        Guru mengajak anak bernyanyi sambil menirukan gerakan yang ada di video

Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk berdiskusi dengan anak-anak :

1.  Siapa yang pernah memelihara kucing?

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :

1. Bermain bebas

2. berdoa sebelum makan

3. Makan bersama

3. berdoa sesudah makan

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :

1. Guru menyediakan video dan gambar kucing https://youtu.be/HsMzX35Lk94?si=GNGudGdkEmMNIrGA 

2. Guru dan Anak menyanyikan lagu kucing

3. Anak menirukan gerak tubuh dan suara kucing

4. Anak menganilisis ciri-ciri kucing

5. Anak menulis dan menyebutkan huruf k-u-c-i-n-g

6. Guru Bercerita tentang “kucing kelaparan” dan mengajak Anak untuk menganalisis

7. Anak mengambar dan menyusun bagian wajah kucing

Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk berdiskusi dengan anak-anak :

1. Bagaimana ciri-ciri kucing yang sehat?

2. Apa saja cara merawat kucing?



Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :
  1. Anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini tentang binatang peliharaan kucing
  2. Guru memberikan pesan moral agar menjaga hewan peliharaannya yang ada dirumah
  3. guru menyarankan agar anak-anak di rumah mencoba membuat karya-karya yang lebih kreatif lagi
  4. Anak bersama-sama berdoa akhir pelajaran
  5. Anak berkemas dan bersiap untuk pulang
Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak terbiasa memelihara hewannya dengan baik
2 : anak menunjukkan suaranya melalui kegiatan bernyanyi bersama dengan semangat
3 : anak menyebutkan ciri-ciri kucing dengan tepat
4 : anak dapat mengendalikan jari-jari tangan saat menggunting, mengelem dan menyusun gambar bagian wajah kucing dengan terampil
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto