#

Jelajah

SIMP3AUD

Teknologi

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Telepon Genggam
Tujuan Pembelajaran :
  1. Pengenalan perangkat keras telepon genggam (baterai, charger (penambah daya), handsfree (perangkat berupa headset dan microphone untuk membantu menerima telepon tanpa memgang telepon genggam), power button (tombol untuk menyalakan telepon genggam), screen (layar), screen guard (pelindung layar), SIM card (kartu SIM/kartu dengan chip kecil untuk menyimpan data serta jaringan agar dapat digunakan untuk berkomunikasi/telpon), speaker (pengeras suara), volume button (tombol untuk mengatur volume), kamera (untuk mengambil gambar dan merekam video)
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak ( Menit) :

1.     Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas dengan bernyanyi lagu anak yang berjudul “Kereta Api” dengan 2 anak membentuk tangannya menjadi terowongan.

2.     Sesampainya di kelas, anak duduk melingkar sembari mengecek teman-temannya dibantu oleh guru.

3.     Anak berdoa sebelum pembelajaran dimulai, lalu mendoakan temannya jika ada yang tidak masuk dikarenakan sedang sakit.

4.     Guru melakukan presensi dengan menyanyikan lagu “Aku Punya Dua Mata”

5.     Guru menyampaikan tema topik pembelajaran hari ini


6.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan ( Menit) :
  1. SOP Makan
  2. SOP Istirahat
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil ( Menit) :
1. Guru menyediakan gambar, berikut ini

2. Anak melihat tayangan video melalui laptop mengenai cara membuat karya dengan botol bekas 
                        https://youtu.be/A_QmSai4Fpw?si=Rq1HeLUtFU1kfXlr 
3. Pertanyaan pemantik:
 - apakah sudah pernah menggunakan telepon genggam?
- untuk apa telepon genggam digunakan?
- berapa lama waktu untuk menggunakan telepon genggam dalam sehari?
4. Anak menyebutkan macam-macam telepon genggam yang mereka ketahui  
5. Anak menyebutkan fungsi dari telepon genggam dari zaman ke zaman
6. Anak membuat karya dengan alat dan bahan yang sudah disiapkan
7. Anak dapat meminta bantuan jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas
8. Anak mengumpulkan karyanya di depan
9. Anak menjelaskan karya yang telah dibuat ke depan dengan bergiliran
10. Guru memberikan apresiasi dukungan kepada anak dengan mengajak teman sekelasnya bertepuk tangan secara bersama-sama.
11. Guru menguatkan hasil karya dan ide anak dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab kepada orang tua/pengasuh anak.

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung ( Menit) :

1.     Anak menyampaikan perasaan mereka saat berdiskusi dan bermain bersama temannya hari ini

2.     Anak juga secara bergiliran menceritakan pengalaman belajarnya hari ini

3.     Guru menyarankan anak-anak untuk mencoba membuat karya-karya yang lebih kreatif lagi di rumah.

4.     Guru menyampaikan pesan moral yaitu "gunakan telepon genggam sebaik mungkin untuk mendapatkan fungsi dan manfaat yang maksimal".

5.     Guru menyampaikan materi untuk besok kepada anak-anak

6.     Anak berdoa selesai pembelajaran secara bersama-sama

7.     Anak berkemas dan bersiap untuk pulang lalu berbaris dan menyanyikan lagu “Sayonara” sambil melambaikan tangan kepada teman-temannya dan berpamitan kepada guru.

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak mampu memiliki sikap santun ketika mendengarkan orang lain berbicara
2 : melalui kegiatan memperagakan orang bertelepon, anak mampu memiliki sikap percaya diri
3 :
4 :
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Anak mampu menyanyikan lagu kring-kring bunyi telepon dengan tepat.
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto