Teknologi
| Alat Teknologi | : Telepon Genggam | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak ( Menit) | : | ||||||
|
1. Anak-anak berbaris sebelum
masuk kelas dengan bernyanyi lagu anak yang berjudul “Kereta Api” dengan 2 anak
membentuk tangannya menjadi terowongan. 2. Sesampainya di kelas, anak
duduk melingkar sembari mengecek teman-temannya dibantu oleh guru. 3. Anak berdoa sebelum
pembelajaran dimulai, lalu mendoakan temannya jika ada yang tidak masuk
dikarenakan sedang sakit. 4. Guru melakukan presensi
dengan menyanyikan lagu “Aku Punya Dua Mata” 5. Guru menyampaikan tema topik pembelajaran hari ini
|
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan ( Menit) | : | ||||||
|
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil ( Menit) | : | ||||||
|
1. Guru menyediakan gambar, berikut ini 2. Anak melihat tayangan video melalui laptop mengenai cara membuat karya dengan botol bekas 3. Pertanyaan pemantik: - apakah sudah pernah menggunakan telepon genggam? - untuk apa telepon genggam digunakan? - berapa lama waktu untuk menggunakan telepon genggam dalam sehari? 4. Anak menyebutkan macam-macam telepon genggam yang mereka ketahui 5. Anak menyebutkan fungsi dari telepon genggam dari zaman ke zaman 6. Anak membuat karya dengan alat dan bahan yang sudah disiapkan 7. Anak dapat meminta bantuan jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas 8. Anak mengumpulkan karyanya di depan 9. Anak menjelaskan karya yang telah dibuat ke depan dengan bergiliran 10. Guru memberikan apresiasi dukungan kepada anak dengan mengajak teman sekelasnya bertepuk tangan secara bersama-sama. 11. Guru menguatkan hasil karya dan ide anak dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab kepada orang tua/pengasuh anak. |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung ( Menit) | : | ||||||
|
1. Anak menyampaikan perasaan
mereka saat berdiskusi dan bermain bersama temannya hari ini 2. Anak juga secara bergiliran menceritakan
pengalaman belajarnya hari ini 3. Guru menyarankan anak-anak
untuk mencoba membuat karya-karya yang lebih kreatif lagi di rumah. 4. Guru
menyampaikan pesan moral yaitu "gunakan telepon genggam sebaik mungkin untuk mendapatkan fungsi dan manfaat yang maksimal". 5. Guru menyampaikan materi
untuk besok kepada anak-anak 6. Anak berdoa selesai
pembelajaran secara bersama-sama
7. Anak berkemas dan bersiap
untuk pulang lalu berbaris dan menyanyikan lagu “Sayonara” sambil melambaikan
tangan kepada teman-temannya dan berpamitan kepada guru. |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak mampu memiliki sikap santun ketika mendengarkan orang lain berbicara | ||||||
| 2 | : melalui kegiatan memperagakan orang bertelepon, anak mampu memiliki sikap percaya diri | ||||||
| 3 | : | ||||||
| 4 | : | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||