#

Jelajah

SIMP3AUD

Kebersihan Lingkungan / Sampah

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Komputer
Tujuan Pembelajaran :
  1. Praktik penggunaan program melatih logika (alat gambar/tulis pada komputer, kamera pada komputer) untuk berkomunikasi, mengeluarkan ide dan mengkomunikaskannya.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) :

Anak-anak tegang sambil bernyanyi

Anak duduk sesuai dengan tempat dan saling melihat kenyamanan temannya, bila ada yang sakit di doakan agar cepat sembuh

Guru dan anak berdoa sebelum memulai pembelajaran

Guru menanyakan keadaan rumah anak apakah sudah memillki tempat sampah masing-masing dan anak bercerita secara bergilian

Guru mengajak anak mengamatı lingkungan sekolah sambil berdiri dan berialan-jalan lalu memperingatkan melalukan gerakan yang di arahkan oleh guru (maju...maju...mundur..mundur)

Guru dan anak menyepakati kegiatan yang akan dilakukan hari ini

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) :

Anak r mencuci tansan sctelah kegaatan pembelajaran.

Anak mengeluarkan bekal yang telah disiapkan dari rumah

Anak mencuci tangan ketika selesai makan

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (30 Menit) :

Guru mengarahkan anak membentuk kelompok melingkar, berisi laki-laki dan perempuan, setiap kelompok memiliki 1 komuter/ laptop:

F

Guru menjelaskan beberapa gambar melalui proyektor.

Guru mengajak anak mengamati gambar yang ditayangkan dan menanyakan pertanyaan pemantik seperti

  • peristiwa apa yang terjadi?
  • mengapa hal tersebut bisa terjadi?
  • bagaimana perasaan kalian(anak-anak, bila terjadi di lingkungan rumah kalian?
  • Bagaimana caranya membantu lingkungan tersebut agar terhindar dari penumpukan sampah?

Anak-anak berdiskusi dengan teman-temannya mengenai hal tersebut.

Guru memberikan instruksi pada anak untuk membuka labtop yang tersedia di masing-masing kelompok.

Guru menyediakan gambar yang berisi perilaku yang baik dan buruk tentang menjaga kebersihan.

Setelah anak selesai mengerjakan, mereka secara bergiliran mencerakan kejadian apa yang sedang terjadi.

Guru menguatkan hasil karya dan ide-ide anak dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab dengan anak dan orang tua penyemputnya

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :

Secara bergiliran anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini.

Guru memberikan pesan moral agar menjaga kebersihan dan suka membantu teman yang sedang mengalamı masalah

Guru menyarankan agar anak-anak di rumah mencoba membuat karya-karya, yang lebih kreatif lagi

Anak bersama-sama berdoa akhir pembelajaran.

Anak berkemas dan bersiap untuk pulang

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 :
2 :
3 :
4 :
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : null
Foto Berseri : null