Kebersihan Lingkungan / Sampah
| Alat Teknologi | : Komputer | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) | : | ||||||
|
Anak-anak tegang sambil bernyanyi Anak duduk sesuai dengan tempat dan saling melihat kenyamanan temannya, bila ada yang sakit di doakan agar cepat sembuh Guru dan anak berdoa sebelum memulai pembelajaran Guru menanyakan keadaan rumah anak apakah sudah memillki tempat sampah masing-masing dan anak bercerita secara bergilian Guru mengajak anak mengamatı lingkungan sekolah sambil berdiri dan berialan-jalan lalu memperingatkan melalukan gerakan yang di arahkan oleh guru (maju...maju...mundur..mundur) Guru dan anak menyepakati kegiatan yang akan dilakukan hari ini |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) | : | ||||||
|
Anak r mencuci tansan sctelah kegaatan pembelajaran. Anak mengeluarkan bekal yang telah disiapkan dari rumah Anak mencuci tangan ketika selesai makan |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (30 Menit) | : | ||||||
|
Guru mengarahkan anak membentuk kelompok melingkar, berisi laki-laki dan perempuan, setiap kelompok memiliki 1 komuter/ laptop: F Guru menjelaskan beberapa gambar melalui proyektor. Guru mengajak anak mengamati gambar yang ditayangkan dan menanyakan pertanyaan pemantik seperti
Anak-anak berdiskusi dengan teman-temannya mengenai hal tersebut. Guru memberikan instruksi pada anak untuk membuka labtop yang tersedia di masing-masing kelompok. Guru menyediakan gambar yang berisi perilaku yang baik dan buruk tentang menjaga kebersihan. Setelah anak selesai mengerjakan, mereka secara bergiliran mencerakan kejadian apa yang sedang terjadi. Guru menguatkan hasil karya dan ide-ide anak dengan memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab dengan anak dan orang tua penyemputnya |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
Secara bergiliran anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini. Guru memberikan pesan moral agar menjaga kebersihan dan suka membantu teman yang sedang mengalamı masalah Guru menyarankan agar anak-anak di rumah mencoba membuat karya-karya, yang lebih kreatif lagi Anak bersama-sama berdoa akhir pembelajaran. Anak berkemas dan bersiap untuk pulang |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : | ||||||
| 2 | : | ||||||
| 3 | : | ||||||
| 4 | : | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : null | ||||||
| Foto Berseri | : null | ||||||